Ide bisnis profesi guru dan dosen

Guru dan dosen adalah sama-sama pengajar pendidik yang memiliki banyak jasa bagi generasi bangsa. Namun bagaimanapun juga entah terkait kebutuhan yang banyak , bosan atau ada jiwa wirausaha yang sudah lama terpendam  sehingga ada keinginan untuk nyambi (usaha sampingan).

Menurut banyak sumber  ilmiah, orang cerdas itu mudah bosan, terlebih profesi guru dan dosen yang tiap kali bertemu siswa atau mahasiswa, duduk dibangku yang sama tiap hari, bertemu dengan orang yang sama tiap hari, jalan pulang pergi yang sama, gerbang kampus yang sama pasti sedikit ada rasa jenuh. Berhenti dan berganti profesi tentu bukan pilihan yang tepat. Tapi tetap menjadi pengajar serta punya aktivitas lain seperti berwirausaha mungkin bisa jadi alternative yang baik.

Berikut ide bisnis untu profesi guru dan dosen;
Handmade
Handmade adalah   adalah karya kreativitas sendiri atau buatan tangan tanpa bantuan alat mesin otomatis dan sebagainya. Handmade saat ini menjadi tren yang sangat diminati tidak hanya dikalangan masyarakat biasa bahkan dari kalangan aktris, model dan juga pejabat. Handmade dianggap lebih berkesan lokal dan memiliki nila seni yang baik.
Handmade sebagai bisnis sangat menggiurkan, selain dapat berasal dari bahan-bahan mudah, bisa daur ulang juga laris dipasaran. Beberapa handmade yang dapat jadi ide bisnis para guru dan dosen

      1. Parsel
Parsel mungkin kelihatannya pasarannya sedikit tapi yang harus anda ketahui parsel memiliki target pembeli sendiri yaitu umumnya dikalangan orang-orang menengah keatas jika pasarnya demikian maka otomatis tawarannyapun besar. Profesi dosen, ya mereka rata-rata kalangan berduit yang tidak terlalu memikirkan harga yang terpenting adalah nilai menariknya tinggi.

     2. Bunga plastic
Bungan plastic saat ini hamper bahkan mungkin sudah mengalahkan pasaran bunga asli, padahal bahannya dari plastic yang harganya murahan, atau bahkan dari plastic bekas bungkus makanan ringan atau dari sampah anorganik yang tidak terpakai.

Mungkin kelihatannya akan kurang diminati dikalangan menengah karena dianggap murahan, tapi cobalah cek bagaimana larisnya bunga plastic dikalangan mahasiswa ketika mereka sedang  yudisium atau  wisuda. Laris sekali yang dari harga 100-1jt.

Saya pernah mencari bunga untuk acara wisuda teman saya, ternyata antriannya sangat panjang untuk sekelas kios kecil yang merajut bunga sendiri. Ketika acara wisuda yang bersaing bukan pemilik usaha tapi konsumen untuk mendapat bunga yang menarik dengan harga terbaik bahkan kadang-kadang bunga yang jelekpun bisa laris.
Teringat saya beli bunga belum sampai ketangan teman saya yang wisuda daunnya sudah copot tapi karena mendesak ya harus dibeli  
     3. Aksesoris 
Aksesoris adalah yang sangat mudah dibuat, ya kadang pernak-perniknya dibeli dan kita disain sendiri. Seberapa besar pasarnya untuk aksesoris? Sebanyak orang memakai jilbab, sebanyak orang tidak berjilbab, sebanyak orang memiliki tangan , sebanyak orang memiliki leher, peralatan seperti gadget  dan sebanyak orang memiliki kantong saku.

Penggunaan aksesoris paling luas, anda bisa membuat aksesoris untuk pengguna jilbab juga aksesoris tusuk rambut untuk yang tidak berjilbab, kalung, gelang, hiasan kantong saku, aksesoris handpone, pena dan lain-lain. 



contohnya,  pemilik akun sri suseno seorang dosen kimia di universitas mataram dengan gelar master tehnik kimia yang memiliki usaha aksesoris


ATK 
Pekerjaan guru dan dosen tak lepas dari alat tulis,  sangat relavan jika guru membuka bisnis ATK meskipun usaha ATK ini banyak tapi konsumennya juga banyak. Apalagi jika disesuaikan dengan kondisi yang sekarang kreativitas jadi penentu keberhasilan ATK, jika ojek ada versi onlinenya kenapa tidak jika jasa print dan fotocopy ada versi onlinenya.

Dengan sumber daya yang banyak, siswa atau mahasiswa, rekan pengajar maka bisa jadi mudah untuk melakukan promosi . mungkin anda tidak langsung turun tangan mengurusnya, bisa mempekerjakan orang kemudian anda mengontrolnya.

Property 
Guru dan dosen cocok untuk bisnis besar ini, anlisis yang tajam bisa jadi faktor penentu usaha ini. Bisnis besar juga memungkinkan laba besar, persaingan bisnis inipun lebih tajam dari usaha yang biasa. Prospek  bisnis property  disetiap wilayah umumnya berbeda-beda tergantung kondisi wilayah (strategis).

Property tanah saat ini menjadi tren didaerah-daerah wisata, bisnis property tanah memang membutuhkan dana besar namun hal yang perlu anda ketahui tentang property tanah yaitu tidak pernah jatuh harga, setiap tahunnya harga tanah melambung tinggi, jadi jika anda memiliki banyak uang jangan tabung dibank tapi di property real ini. 

Alat Berat 
Alat berat tidak banyak yang mampu untuk membuka usaha bisnis ini karena umumnya membutuhkan modal yang cukup besar, nah anda para guru dan dosen bisa membuka usaha yang menjanjikan ini. Seiring dengan perkembangan zaman,  industrial area, membuka usaha ini dari sekarang adalah langkah tepat sampai orang-orang menyadari permintaannya besar bisnis anda sudah cukup terkenal.




Contohnya, pemilik akun fb Lely Kurniawati yang membuka usaha alat-alat berat, dia adalah seorang master sains dibidang kimia sekaligus ketua laboraturium kimia di Universitas Mataram.  

Tempat makan
Tempat makan memang banyak, ada ribuan tempat makan di tepi jalan tapi apa iya sekelas para guru dan dosen akan meet have fun di warung cilok? Membangun tempat makan yang berkesan adalah usaha yang menarik.

Bisnis Bidang
Membuat profesi menjadi tambah menarik adalah dengan menaikkan lavel menjadi bisnis.  Apa bisa? Jika anda seorang dosen pertanian maka konsumen akan lebih percaya membeli hasil, bahan dan alat pertanian kepada anda. konsumen mana yang tidak percaya  jika  professor pertanian berbisnis di bidang pertanian, dosen biologi menegmbankan potensi alam berdasarkan prinsip keilmuan mendalam misalnya gaharu dan lain-lain title keilmuan bisa jadi promosi tak langsung  yang jitu. 
Usaha terbaik adalah usaha yang dimulai (Bob Sudino)





0 Response to "Ide bisnis profesi guru dan dosen "

Post a Comment

Geser kebawah untuk terus membaca