Belajar Menjadi Dropshiper dari A-Z


Ada orang sukses yang mampu menegmbangkan usahanya , tokonya menjadi besar kemudian membuat cabang dimana-mana dan dapat meraih puluhan hingga ratusan juta perbulan , ada orang-orang dengan gaya dan hidup glamour karena penghasilan besar dari investasi , tranding dan kemudian disebut sebagai miliader , ada orang jenius yang mengembangkan sebuah fitur , tools dan kemudian menjadi orang  terkenal yang sukses . itu adalah kesuksesan yang wajar , ia punya toko , kemampuan dan punya modal yang besar . Tapi saat ini ada anak- anak yang hanya duduk didepan komputernya , atau anak anak milenial yang kesehariannya Cuma melihat gadget dan berpenghasilan 10 sampai ratusan juta perbulan . siapakah ia? Ia anak anak yang penuh talenta dan berpikir mengubah tanggapan orang mengenai generasi micin jaman now , bahwa ia mampu berpenghasilan dari handponenya . Modal tak punya , tempat untuk jualan tak punya , bahkan sekedar rombong cilok tak punya tapi ia berpenghasilan besar .

          Modal tak punya , toko tak punya apakah bisa berbisnis dan menjadi sukses ?  di zaman digital ini jawabnnya adalah ia dan sangat bisa . salah satu trobosan baru yang saat ini sedang berkembang  dan tumbuh pesat adalah system dropship .  system dropship inilah yang saat ini digeluti menjadi pilihan usaha yang menjanjian tanpa modal , tanpa toko bagi anak- anak hingga orang tua .


Apa sih dropship itu ?

Secara bahasa sederhana dropship itu adalah tehnik jualan tanpa memiliki atau menyimpan barang  dan hanya memiliki gambaran informasi tentang barang tersebut.  jika sesorang berminat membelinya maka si penjual akan meneruskan kepada supplier dengan menentukan harga jual sendiri .

Dropship juga diartikan dimana proses jual beli yang  diwakili , artinya dimana pembeli tidak bertemu secara langsung dengan penjual atau pemilik barang sebenarnya . Dropship juga diartikan sebagi jual beli tak langsung , dimana semua pihak dapat tidak saling bertemu .


Pandangan Hukum

        Pandangan hukum , dalam  hukum negara selama tidak ada unsure saling tipu menipu maka proses jual beli dianggap sah . Namun melihat dari sisi agama (islam) , ada permasalahan yang melekat terkait sah tidaknya system dropship . jika anda non muslim lanjutkan step berikutnya

       System dropship dalam agama memiliki perbedaan pandangan dari para ahli agama alasnnya karena seseorang tidak memiliki barang yang ditawarkan , sehingga hukumnya dikatakan ‘’ hutang dalam hutang’’ serta keuntungan dropshiper yang dibebankan kepada pembeli . Namun menurut pendapat lain  system dropship menjadi sah ketika adanya kesepakatan antara supplier dan dropshiper  yaitu perizinan , sehingga dropshiper dianggap sebagai wakil dari supplier. dengan kata lain bahwa Supplier memberikan kebebasan kepada Reseller dan menentukan harga sendiri dengan sfesifikasi barang yang jelas .  Allahua’lam

        .

Cara kerja Dropship



Seseorang mencari barang dari sebuah toko  kemudian mengambil informasi barang tersebut dari sifat fisik barang ( jenis , bahan pembuat , kualitas , ukuran dan harga dari supplier ). kemudian informasi barang tersebut di promosikan kepada pembeli dengan harga baru yang ditentukan . ketika sesorang tertarik dan akan membeli barang tersebut , pembeli akan mengirimkan uang kepada penjual , kemudian si penjual akan membeli barang dari supplier dengan harga yang lebih murah dari harga yang ditawarkan kepada pembeli dimana barang tersebut bisa langsung dikirim ke pembeli atau kepenjual/dropshiper selanjutnya dikirim ke pembeli .


Keuntungan Dropship
System dropship menguntukan kedua belah pihak yaitu supplier dan dropshiper       Keuntungan sebagai seorang dropshiper , adalah bagi anda yang tak memiliki modal dan tepat usaha anda tak perlu memikirkan hal tersebut karena seorang dropshiper tidak harus memiliki atau menyimpan barang , tidak perlu memiliki modal awal dan sebuah toko .
Keuntungan bagi supplier , jangkauan pasar menjadi lebih luas , dan memudahkan penjualan didaerah daerah yang sulit dijangkau .


Tantangan sebagai  Dropshiper
System tanpa memiliki barang fisik , dan modal awal adalah merupakan tantanag berat bagi dropshiper .  jika penjual biasa mampu mempengaruhi atau meyakini pembeli dengan satu langkah karena barang ada dan dapat di perlihatkan pada pembeli serta pembeli dapat melakukan serah terima barang , sedangkan seorang dropshiper harus dapat meyakinkan pembeli dengan dua langkah . karena  barang yang akan dipilih hanya berupa informasi dan biasanya barang sampai ketangan pembeli tiga hari sampai 7 hari setelah uang diberikan kepada dropshiper .


Apa yang harus dimiliki seorang dropshiper ?
Seorang dropshiper  harus memiliki bebarapa hal berkaitan dengan keterampilan dalam jualan dan akses pembantu lainnya jika anda dropshiper online seperti akses bank atau kartu kredit atau semacamnya. Yang akan digunakan untuk mentrasfer pembleian barang ke supplier jika anda merupakan dropshiper tak langsung .


Bagaimana trik sukses bermain dropshiper ?

Berdasarkan banyaknya pengalaman para dropshiper , dropshiper yang sukses itu adalah Dropshiper yang aktif dalam dunia social , entah secara real social ataupun media social . mengapa demikian  ? banyak hal yang menjadi faktor pembeli akhirnya memilih anda sebagai pilihan tepat membeli barang 

1.       Karena anda seorang teman baik
Jadi singkatnya seorang dropshiper sukses adalah seseorang yang memiliki teman , kenalan bahkan sahabat . lebihnya jika anda memiliki teman – teman yang full loyal , yang sangat percaya pada anda tentu karena dikesaharian anda merupakan orang yang baik dan dapat dipercaya .

2.        Minat masyarakat
Sebagai seorang dropshiper , anda harus selalu update selalu tau kondisi dan tren yang sedang berkembang dimasyarakat?
Tren sering kali menambah minat beli masyarakat , apalagi yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat misalnya pada acara – acara besar masyarakat .

3.       Produk
Sebagai seorang dropshiper anda harus selalu update tentang produk-produk terbaru , produk-produk yang sedang promo dan memiliki discount tinggi . sehingga dengan demikian anda memiliki peluang keuntungan yang lebih besar , dan untuk mendapatkan upadate produk seperti demikian andapun harus memiliki koleksi supplier .

4.       Kemampuan dalam bahasa persuasive
Bahasa promosi produk sangat berpengaruh pada minat beli masyarakat , jadi cobalah merangkai kata atau bahasa semenarik mungkin yang seakan-seakan seseorang terhipnotis membeli produk anda .
Misalnya ; jika anda tidak membeli barang ini maka dunia akan runtuh
Maksud saya , buatlah kalimat yang dapat menarik perhatian orang banyak , tapi hindari bahasa yang terlalu lebay . Bahasa-Bahasa alay bisa digunakan jika targetnya merupakan anak- anak sekolahan atau remaja , namun untuk ukuran orang dewasa bahasa alay /lebay malah akan memberikan efek sebaliknya yaitu muak  dan menjijikkan.


5.       Buatlah promo dalam promo
Jika anda mendapatkan barang dengan harga promo / discont yang tinggi maka anda juga harus memberikan harga discont pada pembeli  meski hanya 0.01% hal ini dilakukan untuk menarik perhatian dan minat pembeli .


6.       Informasi spesifikasi barang harus jelas
Hal ini sangatlah diperlukan oleh pembeli , untuk mengetahui bagaimana kualitas suatau barang dari bahan pembuatannya . jika target pembeli anda pada orang awan yang tak mengerti bahan cotun atau semisalnya  maka terangkan dipromosi anda bahan bahan catun itu sperti ini dan itu , bagaimana tingkat kenyamanannya , kemudahan dalam hal melipat , mencuci dan keawetan warnanya. hal ini dilakukan untuk menambah nilai profesionality


7.       Jangan sungkan memberikan bumbu bahasa
Berikan bahasa  / kata-kata tren yang dapat membuat perhatian seseorang, baik dari segi kenyamanan atau jika anda punya insting buat sebuah kata kata jebakan yang akhirnya minimal seseorang melihat barang anda secara keseluruhan .

Misal: super lembut dipakai, sangat adem dipakai dimusim panas, sangat hangat dipakai malam hari, pakain drama kore niih, bajunya syahrini, disain dian pelangi nih,   yah padahal  meski ada bahan yang lebih lembut dari bahan tersebut, ada yang lebih adem , atau memang karena jaket tebal yah memang hangat. tapi semua itu diperlukan dan jangan berbohong mengenai info bahan .
Misal kata – kata tren: wowww, super keren,  OMG, baju jaman now, elegan bingiiiit dll.  


8.       Buat  pembeli anda puas
Bagaimana membuat pembeli anda puas? system dropship adalah system barang tak langsung yang biasanya barang akan diorder setelah menerima uang dari pembeli sehingga menunggu dua samapai satu minggu. biasanya pembeli ada rasa was-was kalao barangnya tidak sampai, sehingga sebagai dropshiper anda harus bisa meyakinkan pembeli baik dengan menjanjikan pembeli jika barang tak sampai dalam beberapa hari uang kembali tanpa dipotong kare aitu juga merupakan tanggung jawab sebagai dropshiper yaitu memastikan barang sampai kepada pelanggan, dan jika barang sudah sampai ketangan pembeli buatlah sedikit kebohongan (eheeeem ) kebongangan disini niatnya untuk menyenangkan hati pelanggan seperti.  “ eh tau gak sist , harganya tiba- tiba naik karena peminatnya banyak tapi kamu beruntung sist sudah pesen dan saya yang menanggung biayanya dan tau gak sist barang yang sama saya beli stoknya lebih, jadi kalo ada temennya yang mau beli kabarin ya sist nanti saya kasi pee“ .

Mintalah tanggapan pada pembeli anda mengenai pelayanan anda yang sifatnya mengharuskan pembeli mengatakan baik dan bagus .

Demikianlah pelajaran tentang dropshiper saya minta tanggapan anda untuk member masukan pada artikel ini, curhat anda sebagai seorang dropshiper, atau Tanya Tanya silahkan.

  

1 Response to "Belajar Menjadi Dropshiper dari A-Z"

  1. Hello! I just would like to give huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon. MDS Fulfillment

    ReplyDelete

Geser kebawah untuk terus membaca