100 Cara Menebar Kebaikan di Bulan Puasa Ramdhan

Ada manusia yang bahagia karena rasa memiliki dan ada manusia yang bahagia karena bisa memberi (Aagym). Seperti sesorang yang menemukan bunga ditepi jalan, bagi ia yang bahagia dan puas karena memiliki, ia akan memetiknya dibawa pulang untuk bisa dinikmati sendiri. Tapi bagi dia yang puas dan bahagia karena bisa berbagi, ia akan membiarkan bunga tersebut tumbuh dan merawatnya agar semua orang dapat melihat dan mencium bau harumnya.

Pada akhirnya Kebaikan bukanlah sesuatu yang tampak mahal harganya atau barang mewah yang sulit diperoleh, namun setiap rasa yang mampu dihadirkan dan ditularkan pada setiap orang adalah berharga nilainya, sehingga bukan hanya ada 100 cara, seribu cara atau sejuta cara memberi kebaikan. Jika hanya sekedar sapa membuat ekspresi orang muram menjadi senyum maka sapa adalah kebaikan, jika senyum membuat orang merasa damai maka senyum adalah kebaikan. Apa yang dapat merubah ekspresi emosi seseorang untuk merasa damai dan barsuka cita maka itu adalah kebaikan.

Menebar kebaikan adalah hak dan kewajiban sebagai manusia yang disebut satu satunya mahluk hidup yang dapat hidup dengan bersosial, sehingga kebaikan bukan hanya sekedar hak klaim sebagai seseorang yang satu-satunya berhak mendapat kebaikan, atau dialah yang berhak mendapat kebaikan tapi menebar kebaikan merupakan kewajiban setiap individu.

Saya (penulis) percaya bahwa kebaikan lebih dari sekedar karma, siapa yang menanam dialah yang memetik hasil, tapi kebaikan adalah sejatinya pilosofi hidup. Kita tidak bisa lari dari keberterimakasihan kepada sesama manusia dan kita tidak bisa lari dari rasa syukur pada tuhan tempat bergantung.

Menebar kebaikan bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan dengan cara apa saja, sebagaimana kita juga mengharapkan kebaikan dalam hidup kita kapan saja dan dimana saja. Ramdhan mungkin bisa jadi ajang yang baik untuk memulai atau memperbanyak menebar kebaikan, selain karena moment berpuasa juga merupakan moment sakral yang penuh keberkahan.

Tidak perlu mewah dan mahal, berikut bebrapa cara menebar kebaikan dibulan suci ramdhan yang dapat sama-sama kita lakukan

1. Berbagi makanan kepada sesama
Ramdhan yang berkah ini jangan sampai masih meninggalkan saudara kita yang kelaparan bahkan hanya untuk sekedar berbuka puasa, moment inipun akan terasa membahagiakan jika dapat melakukan aksi berbagi kepada sesama misalnya seperti:
  • Berbagi paket sembako kepada keluarga kurang mampu terlebih ditengah pandemi covid-19 ini yang menyukitkan mereka
  • Paket Takjil berbuka puasa atau sekedar
  • Berbagi menu berbuka dengan tetangga
  • Berbagi makanan sahur
  • Mengundang pakir miskin berbuka bersama
Barang siapa yang memberi makan untuk berbuka puasa, maka mendapatkan pahala seperti pahala puasa orang tersebut (Al-hadist)
2. Membayar Zakat dan Memperbanyak infak sadekah pada dhuafa dan anak yatim piatu 
Salah satu jalan menebar kebaikan secara langsung adalah menyantuni dan memgasih mereka yang membutuhkan.

Jika tidak memungkinkan adanya aksi sosial untuk menebar atau berbagi kebaikan secara langsung dibulan puasa Ramdhan karena pandemi covid-19 ini,  anda bisa menyalurkan bantuan logistik, infak, sodakah, zakat melalui yayasan atau organisasi umat seperti.

3. Memberikan paket pakaian layak pakai
Salah satu yang perlu dilakukan adalah memberikan rasa layak lepada semua orang terkhusus bagi yang kurang mampu, yaitu berbagi pakaian layak pakai agar mereka dapat menjalankan ibadah tanpa ada rasa keluh kesah.

Ditengah musibah ini, kita juga perlu memberikan mereka APD (Alat Pelindung Diri) bagaimanapun juga rakyat biasa lebih berisiko terhadap penularan virus, karena mereka sulit untuk diam dirumah dengan keadaan ekonomi yang lemah.

4. Memberi pelajaran baik dengan mengajar
Yang tidak kalah penting adalah menebar kebaikan dengan berbagi pengetahuan atau informasi. Saya bersyukur ada event-event yang diselenggarakan dompet dhuafa ini untuk memberi semangat kepada saya pemilik blog tutorial caratutul.com untuk bisa terus berbagi metode dan cara yang mungkin bermanfaat bagi banyak orang, saya juga berharap semua orang bisa melakukan hal yang sama, melalui media ataupun real untuk berbagi ilmu kepada sesama.

Terlebih ditengah musibah yang membatasi gerak, dimana rakyat miskin akan sangat dirugikan, karenanya penting bagi mereka untuk mendapatkan edukasi, seperti:
  • Cara hidup sehat
  • Cara meningkatkan imunitas tubuh
  • Apa yang baik dikonsumsi dan tidak
Apa yang diaharapkan bagi seorang mu'alim adalah ilmunya dapat bermanfaat bagi banyak orang
6. Menebar Kebaikan dengan Jasa
Ditengah pembatasan gerak virus ini, ada kendala yang cukup serius dari masalah pangan dan sandang yaitu jasa untuk kebutuhan mendesak. Diberanda fb saya (penulis), tersebar sebuah chat whatsaap seorang ibu menyusui meminta bantuan kepada orang-orang didaerah penyebaran virus, ASInya tidak bisa keluar dan harus memberinya susu tambahan, sayangnya semua toko disekitar tertutup yang menyebabkan sang bayi kekurangan cairan.

Ini salah satu contoh bahwa menebar kebaikan tidak dibatasi materi, ada saatnya kita tidak dapat berbuat karena materi tapi dikesempatan lain kita mungkin memiliki kemampuan untuk berbagi dengan fisik terkhusus  ditengah kondisi seperti ini.

Sebagai penutup penulis ingin menyampaikan stetment Denn lock, Seorang motivator sekaligus milliarder hongkong mengatakan bahwa ada 4 step rencana kehidupan yaitu, Pertama survival yaitu tahap dimana orang merasa susahnya bertahan hidup, kedua scurity yaitu tahap dimana seorang sudah mulai nyaman dan aman, ketiga succes yaitu tahap dimana orang memiliki semuanya, namun ketiga rencana kehidupan itu tidak cukup, faktanya kesuksesan tidak menjamin orang bahagia, kita masih melihat banyak orang kaya menjadi koruptor, rencana keempat adalah sharing atau berbagi.

0 Response to "100 Cara Menebar Kebaikan di Bulan Puasa Ramdhan"

Post a Comment

Geser kebawah untuk terus membaca