4 Jenis Iklan Youtube yang Harus di Ketahui advertiser/publisher

Youtube adalah salah satu platform milik google yang merupakan platform video terbesar didunia, digunakan sekitar 60% pengguna mobile, dan memiliki 71% audiens berumur dibawah 35 tahun.

Berikut jenis-jenis iklan youtube
1. True view ads
Terbagi menjadi 2 yaitu discovery ads ads dan in stream ads.
  • Discovery ads adalah iklan yang muncul ketika user melalukan pencarian di kotak pencarian youtube, bekerja berdasarkan kata kunci, misalnya anda mencari tutorial mengendarai maka ada iklan yang muncul diantara video yang direkomendasi.
  • In stream ads yaitu jenis iklan yang muncul dalam video yang biasanya di skip, cara kerjanya berdasarkan aundiens, topik chanel.

2. Iklan pre Roll
Pre Roll adalah iklan yang muncul sebelum video diputar atau yang mendahului video yt yang tidak bisa di skip dalam waktu 15-60 detik. Sistem penargetan ini seperti instream ads yaitu audiens, topik yt.

3. Iklan Bamper
Bamper berbentuk Format video seperti pre Roll dengan targeting yang sama, namun hanya memiliki durasi hanya 5-6 detik yang biasanya digunakan jika memiliki materi yang singkat.

4. Iklan Masthead 

Yaitu iklan banner besar yang muncul di hoom beranda youtube. Tidak memiliki targeting khusus, karena hanya disewakan 1 hari dan penggunaannya harus dipesan reservasi.

Pembayaran Iklan Youtube
Adapaun Jenis pembayaran iklan youtube dibagi menjadi 3, yaitu
  • Cost per view (CPV) adalah biaya yang harus dikeluarkan dan diterima oleh publisher setiap kali tonton, jenis iklan dengan pembayaran ini seperti true view ads, in stream ads.
  • Cost pe male (CPM) adalah biaya yang harus dikeluarkan atau diterima publisher setiap 1000 kali tayang. Jenis iklan yang menggunakan pembayaran ini adalah iklan pre roll, display atau bamper ads.
  • Cost per reservation (CPR) adalah jenis pembayaran khusus untuk advertiser, yaitu jenis iklan reservasi dimana pengiklan menghubungi pihak google untul melakukan pemesanan, jadwal tayang dll.

Rekomendasi
Perlu diletahui untuk tipe pre roll, pembayaran hanya alan ditagihkan ketika iklan selesai ditonton atau minimal 30 detik berjalan, saat penggunan mempercepat atau mengalihlan pemutaran iklan maka iklan tersebut tidak dianggap begitu pula bagi publisher, jenis ini rekomendasi untuk advertiser baru dan sangat menjengkelkan bagi publisher.

0 Response to "4 Jenis Iklan Youtube yang Harus di Ketahui advertiser/publisher"

Post a Comment

Geser kebawah untuk terus membaca